Friday, April 13, 2012

RPP Kimia Kelas X Semester 1 Pertemuan 3 (klasifikasi materi)

Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                        :  SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran                          :  2012 - 2013
Mata Pelajaran                       :  Kimia
Kelas / Semester                     :  X / 1
Pertemuan ke-                        :  3
Alokasi Waktu                        :  2 x 45 menit


Standar Kompetensi
Memahami konsep materi dan perubahannya

Kompetensi Dasar
Mengklasifikasi materi

Indikator
1.      Klasifikasi materi menjadi zat tunggal dan campuran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
2.      Zat tunggal dikelompokkan menjadi unsur dan senyawa.
3.      Pengertian unsur dan senyawa dibedakan dengan jelas.
4.      Campuran homogen dan heterogen dibedakan melalui percobaan
5.      Pengertian campuran homogen dan heterogen dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan.

I.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui diskusi informasi siswa dapat mengklasifikasian materi menjadi zat tunggal dan campuran dengan benar.
2.    Melalui diskusi informasi  siswa dapat mengelompokkan zat tunggal menjadi unsur dan senyawa dengan benar.
3.    Melalui diskusi informasi siswa dapat membedakan konsep unsur dan senyawa dengan jelas.
4.    Melalui demonstrasi pelarutan zat siswa dapat membedakan campuran homogen dan heterogen.
5.    Melalui demonstrasi pelarutan zat siswa dapat mendeskripsikan campuran homogen dan heterogen.

II.      Materi Ajar
1.    Klasifikasi materi
a.      Zat tunggal; zat yang mempunyai sifat dan susunan yang sama pada setiap bagiannya (homogen)
b.      Campuran; dua zat atau lebih yang dicampurkan satu sama lain tanpa mereaksikannya dengan komposisi yang tidak tetap (sembarang)
2.    Pengelompokkan zat tunggal
a.       Unsur; zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana secara kimia
b.      Senyawa; zat tunggal yang masih dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana secara kimia
3.    Pengelompokkan campuran
a.       Campuran homogen; campuran yang tiap bagiannya atau komposisinya serbasama
b.      Campuran heterogen; campuran yang tiap bagian atau komposisinya serbaneka (berbeda)

III.      Metode Pembelajaran
1.    Demonstrasi percobaan
2.    Diskusi

IV.      Langkah – Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan awal
1.       Mengkondisikan siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absensi (disiplin, religius, jujur).
2.       Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3.       Appersepsi tentang pengertian materi
B.      Kegiatan inti
1.       Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru  mengenai klasifikasi materi menjadi zat tunggal dan campuran (rasa ingin tahu, gemar membaca).
2.       Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru mengenai pengelompokan zat tunggal  menjadi unsur dan senyawa (rasa ingin tahu, gemar membaca).
3.       Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru mengenai perbedaan konsep unsur dan senyawa (rasa ingin tahu, gemar membaca).
4.       Siswa mengamati demonstrasi percobaan pelarutan zat untuk membedakan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen (rasa ingin tahu, kritis).
5.       Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan pengertian campuran homogen dan heterogen berdasarkan hasil percobaan (toleran, komunikatif, jujur, mandiri).
C.      Kegiatan akhir
1.       Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru untuk membuat kesimpulan (kreatif)
2.       Penugasan/Post test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.    Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
2.    Alat dan bahan demonstrasi pelarutan zat

VI.      Penilaian
A.      Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian kepribadian)
B.      Bentuk tes : Essay
C.      Butir soal :

1.      Jelaskan perbedaan zat tunggal dan campuran!
2.      Jelaskan perbedaan unsur dan senyawa!
3.      Bagaimana cara membedakan campuran homogen dan heterogen?
4.      Kelompokan materi berikut termasuk unsur, senyawa, campuran homogen atau heterogen:
a. tanah                            
b. udara                                        
c. karbon  
d. garam dapur
e. baja                              
f. emas 24 karat                           
g. gula pasir

D.      Kunci Jawaban
1.      Zat tunggal sifat dan susunannya sama pada setiap bagian sedangkan campuran komposisinya sembarang/tidak tetap.
2.      Unsur tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana secara kimia sedangkan senyawa dapat.
3.      Dengan jalan melihat penyebaran partikel penyusunnya, jika ada pembatas antara komponen yang satu dengan lainnya maka tergolong campuran heterogen, contoh campuran air dan minyak.
Pada campuran homogen tidak terdapat pembatas sehingga di seluruh bagian mempunyai komposisi serbasama , contoh air dicampur gula
4.      a. campuran heterogen 
b. campuran homogen               
c. unsur               
d. senyawa
      e. campuran homogen   
      f. unsur                                       
      g. senyawa

E.      Sistem Penilaian
-          Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1 = 10
soal nomor 2 = 10
soal nomor 3 = 10
soal nomor 4 = 70
-          Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang baik; E=sangat kurang)


Mengetahui :
Kepala Sekolah





Cianjur,  5 Juli   2012
Guru Mata Pelajaran




Ira Akhira Dewi, S.Pd


No comments:

Post a Comment

Post a Comment