Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X
E. Sistem Penilaian
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran : 2012 - 2013
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke- : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi
Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar
Mengklasifikasi materi
Indikator
1. Klasifikasi materi menjadi zat tunggal dan campuran
dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
2. Zat tunggal dikelompokkan menjadi unsur dan senyawa.
3. Pengertian unsur dan senyawa dibedakan dengan jelas.
4. Campuran homogen dan heterogen dibedakan melalui
percobaan
5. Pengertian campuran homogen dan heterogen dideskripsikan
berdasarkan hasil percobaan.
I.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui diskusi informasi siswa dapat
mengklasifikasian materi menjadi zat tunggal dan campuran dengan benar.
2.
Melalui diskusi informasi siswa dapat mengelompokkan zat tunggal menjadi
unsur dan senyawa dengan benar.
3.
Melalui diskusi informasi siswa dapat
membedakan konsep unsur dan senyawa dengan jelas.
4.
Melalui demonstrasi pelarutan zat siswa
dapat membedakan campuran homogen dan heterogen.
5.
Melalui demonstrasi pelarutan zat siswa dapat mendeskripsikan campuran homogen dan heterogen.
II.
Materi Ajar
1.
Klasifikasi materi
a.
Zat tunggal; zat yang mempunyai sifat dan susunan yang sama pada
setiap bagiannya (homogen)
b.
Campuran; dua zat atau lebih yang dicampurkan satu sama lain tanpa
mereaksikannya dengan komposisi yang tidak tetap (sembarang)
2.
Pengelompokkan zat tunggal
a.
Unsur; zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat
lain yang lebih sederhana secara kimia
b.
Senyawa; zat tunggal yang masih dapat diuraikan lagi menjadi zat
lain yang lebih sederhana secara kimia
3.
Pengelompokkan campuran
a.
Campuran homogen; campuran yang tiap bagiannya atau komposisinya
serbasama
b.
Campuran heterogen; campuran yang tiap bagian atau komposisinya
serbaneka (berbeda)
III.
Metode
Pembelajaran
1.
Demonstrasi percobaan
2.
Diskusi
IV.
Langkah – Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan awal
1.
Mengkondisikan siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan
absensi (disiplin, religius, jujur).
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3.
Appersepsi tentang pengertian materi
B.
Kegiatan inti
1.
Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru mengenai klasifikasi materi menjadi zat tunggal dan
campuran (rasa ingin tahu, gemar membaca).
2.
Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
mengenai pengelompokan zat
tunggal menjadi unsur dan senyawa (rasa ingin tahu, gemar membaca).
3.
Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru
mengenai perbedaan konsep unsur dan senyawa (rasa ingin tahu, gemar membaca).
4.
Siswa mengamati demonstrasi percobaan pelarutan zat
untuk membedakan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen (rasa ingin tahu, kritis).
5.
Siswa melakukan diskusi untuk mendeskripsikan
pengertian campuran
homogen dan heterogen berdasarkan hasil percobaan (toleran, komunikatif, jujur, mandiri).
C.
Kegiatan akhir
1.
Siswa melakukan diskusi
dengan bimbingan guru untuk membuat kesimpulan (kreatif)
2.
Penugasan/Post test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)
V.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1.
Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
2.
Alat dan bahan demonstrasi pelarutan zat
VI.
Penilaian
A.
Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian
kepribadian)
B.
Bentuk tes : Essay
C.
Butir soal :
1. Jelaskan
perbedaan zat tunggal dan campuran!
2. Jelaskan
perbedaan unsur dan senyawa!
3. Bagaimana cara
membedakan campuran homogen dan heterogen?
4. Kelompokan materi
berikut termasuk unsur, senyawa, campuran homogen atau heterogen:
a. tanah
b. udara
c. karbon
d. garam dapur
e. baja
f. emas 24 karat
g. gula pasir
D.
Kunci Jawaban
1.
Zat tunggal sifat dan susunannya sama pada setiap bagian sedangkan
campuran komposisinya sembarang/tidak tetap.
2.
Unsur tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih
sederhana secara kimia sedangkan senyawa dapat.
3.
Dengan jalan melihat penyebaran partikel penyusunnya, jika ada
pembatas antara komponen yang satu dengan lainnya maka tergolong campuran
heterogen, contoh campuran air dan minyak.
Pada campuran
homogen tidak terdapat pembatas sehingga di seluruh bagian mempunyai komposisi
serbasama , contoh air dicampur gula
4.
a. campuran heterogen
b. campuran
homogen
c. unsur
d. senyawa
e. campuran homogen
f. unsur
g.
senyawa
E. Sistem Penilaian
-
Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1 = 10
soal nomor 2 = 10
soal nomor 3 = 10
soal nomor 4 = 70
-
Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian
sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang
baik; E=sangat kurang)
Mengetahui :
Kepala Sekolah
|
Cianjur,
5 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
Ira Akhira Dewi,
S.Pd
|
No comments:
Post a Comment