Friday, April 13, 2012

RPP Kimia Kelas X Semester 1 Pertemuan 4,5,6 (teori dan struktur atom)

Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                        :  SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran                          :  2012 - 2013
Mata Pelajaran                       :  Kimi
Kelas / Semester                     :  X / 1
Pertemuan ke-                        :  4, 5, 6
Alokasi Waktu                        :  6 x 45 menit


Standar Kompetensi
Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perkembangan teori atom dan struktur atom

Indikator
1.         Perkembangan teori atom dari teori atom Dalton, J.J. Thompson, Rutherford, Niels-Bohr, dan mekanika kuantum dideskripsikan dengan benar.
2.         Partikel penyusun atom dideskripsikan berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda Michael Faraday dan eksperimeen tetes minyak Millikan
3.         Nomor atom dan nomor massa dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
4.         Simbol atom dituliskan sesuai aturan IUPAC
5.         Isotop, isobar dan isoton dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
6.         Konfigurasi elektron unsur golongan utama dituliskan berdasarkan model atom Niels-Bohr (model atom hidrogen)
7.         Konfigurasi elektron unsur golongan  transisi dituliskan berdasarkan model atom mekanika kuantum.
8.         Elektron valensi dideskripsikan sesuai konfigurasi elektronnya

I.      Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penugasan kelompok siswa dapat mendeskripsikan perkembangan teori atom.
2.      Melalui penugasan kelompok siswa dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan masing-masing teori atom secara rinci.
3.      Melalui penugasan kelompok siswa dapat mendeskripsikan partikel penyusun atom berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda Michael Faraday dan tetes minyak Millikan.
4.      Melalui diskusi informasi siswa dapat mendeskripsikan pengertian nomor atom sebagai jumlah proton dalam inti atom, sedangkan nomor massa sebagai massa atom relatif yang dimiliki suatu atom.
5.      Melalui latihan soal siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan neutron suatu atom
6.      Melalui  latihan soal siswa dapat menuliskan simbol atom sesuai aturan IUPAC.
7.      Melalui diskusi informasi siswa dapat mendeskripsikan pengertian isotop, isobar dan isoton dengan benar.
8.      Melalui latihan soal siswa dapat menuliskan konfigurasi elektron golongan utama dengan benar
9.      Melalui latihan soal siswa dapat menuliskan konfigurasi elektron golongan transisi dengan benar
10.  Melalui latihan soal siswa dapat menjelaskan pengertian elektron valensi sesuai konfigurasinya

II.      Materi Ajar
1.      Perkembangan teori atom
a.    Model atom Dalton
b.    Model atom Thomson
c.    Model atom Rutherford
d.    Model atom Bohr
e.    Model atom mekaanika kuantum (model atom modern)
2.      Partikel penyusun atom (eksperien sinar katoda dan tetes minyak millikan)
3.      Nomor atom menunjukan jumlah proton (p) dalam inti atom
Nomor massa menunjukan jumlah proton (p) dan neutron (n) yang menyusun inti atom
4.      Simbol atom
zX
X = tanda atom unsur, A = nomor atom, Z = nomor massa
5.      Isotop, isobar dan isoton
Isotop adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang sama, tetapi massa atomnya berbeda.
Isobar adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang berbeda, tetapi massa atomnya sama.
Isoton adalah atom-atom yang mempunyai jumlah neutron yang sama dari unsur-unsur yang berbeda.
6.      Konfigurasi elektron golongan utama; menggambarkan penyebaran atau susunan elektron dalam atom berdasarkan model atom Niels-Bohr
7.      Konfigurasi elektron golongan transisi ; menggambarkan posisi kebolehjadian elektron dalam atom berdasarkan model atom mekanika kuantum
8.      Elektron valensi; elektron yang berada pada kulit terluar

III.      Metode Pembelajaran
1.      Penugasan kelompok
2.      Diskusi
3.      Presentasi
4.      Latihan

IV.      Langkah – Langkah Pembelajaran

A.      Kegiatan awal
1.      Mengkondisikan siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absensi (disiplin, religius, jujur).
2.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3.      Appersepsi tentang atom
B.      Kegiatan inti
Pada pertemuan sebelumnya siswa diberi tugas kelompok untuk mencari bahan melalui internet sehingga dapat mendeskripsikan mengenai perkembangan teori atom serta kelebihan dan kekurangan setiap model atom, partikel-partikel penyusun atom (eksperimen sinar katoda Michael Faraday dan Tetes minyak Millikan) sehingga dapat menjelaskan bagaimana ditemukannnya partikel-partikel penyusun atom.
1.    Siswa mempresentasikan tugas kelompok mengenai perkembangan teori atom dan partikel-partikel penyusun atom.
2.    Siswa menyimpulkan perkembangan teori atom dan partikel-partikel penyusun atom.
3.    Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru untuk mendeskripsikan pengertian nomor atom sebagai jumlah proton dalam inti atom, sedangkan nomor massa sebagai massa atom relatif yang dimiliki suatu atom.
4.    Latihan soal untuk menentukan jumlah proton, elektron dan neutron suatu atom
5.    Latihan soal untuk menuliskan simbol atom sesuai aturan IUPAC.
6.    Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru untuk mendeskripsikan pengertian isotop, isobar dan isoton dengan benar.
7.    Latihan soal untuk menuliskan konfigurasi elektron golongan utama dengan benar
8.    Latihan soal untuk menuliskan konfigurasi elektron golongan transisi dengan benar
9.    Latihan soal untuk menjelaskan pengertian elektron valensi sesuai konfigurasinya

C.      Kegiatan akhir
1.      Diskusi dengan bimbingan guru untuk membuat kesimpulan (kreatif)
2.      Penugasan/Post test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.      Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
2.      Internet
3.      Tabel sistem periodik

VI.      Penilaian

A.      Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian kepribadian)
B.      Bentuk tes : Pilihan Ganda dan Essay
C.      Butir soal :

1.      Model atom roti kismis dikemukakan oleh …
a.   Dalton                                     d. Maxwell
b.   Thomson                                 e. Niels Bohr
c.    Rutherford
2.      Partikel dasar penyusun inti atom adalah …
a.      Elektron dan neutron             d. proton dan neutron
b.      Elektron dan proton               e. hanya proton
c.       Elektron, proton dan neutron
3.      Atom 1H tidak mengandung …
a.      proton                                                d. inti atom
b.      elektron                                  e. kulit elektron
c.       neutron
4.      Dari lambang 20Ne dapat disimpulkan bahwa Ne mengandung 
a.      10 neutron, 10 proton                        d. 20 neutron, 10 proton, 10 elektron
b.      20 neutron, 10 proton                        e. 20 neutron, 20 proton
c.       10 neutron, 20 proton
5.      Nomor massa menyatakan banyaknya …
a.      Proton dan elektron               d. proton, elektron, neutron
b.      Proton dan neutron                e. hanya proton
c.       Elektron dan neutron
6.      Kalsium mempunyai nomor atom 20. Susunan elektron pada kulit K,L,M dan N adalah …
a.      2,8,10,0                                  d. 2,8,6,4
b.      2,8,9,1                                                e. 2,8,2,6
c.       2,8,8,2
7.      Berikut ini adalah lambang unsur-unsur dengan nomor atomnya. Atom yang mempunyai 6 elektron valensi adalah …
a.      8O                                           d. 14Si
b.      12Mg                                       e. 6C
c.       13Al
8.      Jika kita mempunyai unsur-unsur :
82A                        83B                   84C                   82D
Yang merupakan isotop adalah …
a.      A dan B                                               d. B dan D
b.      A dan C                                               e. C dan D
c.       A dan D
9.      Partikel apa sajakah yang menyusun atom itu, dan apa perbedaan dari partikel-partikel tersebut?
10.  Tentukan jumlah proton, elektron dan neutron dari Fe dengan Z=26 dan A=56!
11.  Tuliskan konfigurasi elektron dari unsur-unsur berikut, dan tentukan pula jumlah elektron valensinya!
a.      P dengan Z=20
b.      Q dengan Z=31
12.  Jelaskan kembali teori atom yang dikemukakan oleh :
a.      Dalton
b.      Thomson

D.     Kunci Jawaban
1.         B
2.         D
3.         C
4.         A
5.         B
6.         C
7.         A
8.         C
9.         Proton, elektron dan neutron
Perbedaannya proton bermuatan positif, neutron tidak bermuatan dan elektron bermuatan negatif. Proton dan neutron terletak di dalam inti, sementara elektron beredar mengelilingi inti atom.
10.     Proton = 26; elektron = 26; neutron = 30
11.     a.  20P = 2,8,8,2               elektron valensi = 2
b. 31Q = 2,8,18,3             elektron valensi = 3
12.     a.  Dalton; atom merupakan benda bulat pejal yang tidak dapat dibagi-bagi lagi
b. Thomson; atom merupakan bola bulat bermuatan positif dan didalamnya terdapat elektron yang bermuatan negatif
E.      Sistem Penilaian
-         Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1- 8    = masing-masing 5
soal nomor 9        = 10
soal nomor 10      = 10
soal nomor 11      = 20
soal nomor 12      = 20
-         Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang baik; E=sangat kurang)








Mengetahui :
Kepala Sekolah





Cianjur, 5 Juli   2012
Guru Mata Pelajaran




Ira Akhira Dewi, S.Pd






                                         

No comments:

Post a Comment