Friday, April 13, 2012

RPP Kimia Kelas X Semester 1 Pertemuan 2 (perubahan materi)

Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                        :  SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran                          :  2012 - 2013
Mata Pelajaran                       :  Kimia
Kelas / Semester                     :  X / 1
Pertemuan ke-                         :  2
Alokasi Waktu                         :  2 x 45 menit


Standar Kompetensi
Memahami konsep materi dan perubahannya

Kompetensi Dasar
Mengelompokkan perubahan materi

Indikator
1.    Perubahan materi dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan
2.    Perubahan materi dikelompokkan menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan
3.    Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dideskripsikan melalui percobaan
4.    Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) dideskripsikan melalui percobaan
5.    Ciri-ciri perubahan kimia dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan

I.      Tujuan Pembelajaran
1.       Melalui praktik siswa dapat mengamati perubahan materi (fisika dan kimia)dengan jelas.
2.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat mendeskripsikan perubahan materi berdasarkan hasil percobaan.
3.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat mengelompokkan perubahan materi menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan.
4.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat mendeskripsikan perubahan fisika berdasarkan hasil percobaan.
5.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat mendeskripsikan perubahan fisika berdasarkan hasil percobaan.
6.       Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia secara rinci berdasarkan hasil percobaan.

II.      Materi Ajar
1.       Perubahan materi
      Materi dapat mengalami perubahan, sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari bila air dipanaskan akan menjadi uap air atau kertas yang dibakar akan menjadi abu.
2.       Pengelompokkan materi
Berdasarkan perubahan sifat dan strukturnya, perubahan materi dikelompokkan menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia.
3.       Perubahan fisika
Perubahan materi yang tidak membentuk zat yang baru. Contoh : es mencair
4.       Perubahan kimia
      Perubahan materi yang disertai dengan terbentuknya zat baru. Contoh : perkaratan besi
5.       Ciri-ciri perubahan kimia
-           terjadinya perubahan warna
-           perubahan suhu
-           terbentuknya endapan
-           terbentuknya gas
-           timbul cahaya 
-           perubahan pH

III.      Metode Pembelajaran
1.    Praktik
2.    Diskusi kelompok

IV.      Langkah – Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan awal
1.       Mengkondisikan siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absensi (disiplin, religius, jujur).
2.      Appersepsi tentang pengertian, jenis, dan sifat materi.
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi
B.      Kegiatan inti
1.       Siswa dikelompokkan dalam kelompok kerja praktik
2.       Siswa melakukan praktik untuk mengamati perubahan materi (disiplin, jujur, mandiri).
3.       Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendeskripsikan perubahan materi berdasarkan hasil percobaan (toleransi, komunikatif, kritis).
4.       Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mengelompokkan perubahan materi menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan (tanggung jawab, komunikatif).
5.       Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan (toleransi, komunikatif, kritis).
C.      Kegiatan akhir
1.       Siswa membuat kesimpulan dibimbing guru mengenai perubahan materi (kreatif)
2.       Penugasan/Post test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)

V.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.    Alat dan bahan praktik perubahan materi
2.    Lembar Kerja Siswa Perubahan Materi
3.    Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung) halaman 5-16

VI.      Penilaian
A.      Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian kepribadian)
B.      Bentuk tes : Essay
C.      Butir soal :

1.      Berikan contoh masing-masing 5 perubahan fisika dan 5 perubahan kimia!
2.      Jelaskan perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia!
3.      Tentukan perubahan berikut termasuk perubahan fisika atau perubahan kimia :
a.    Nasi menjadi basi
b.    Kayu diukir menjadi patung
c.    Kertas dibakar menjadi abu
d.    Gula dilarutkan dalam air
e.    Susu dibuat menjadi keju
f.     Salju mencair
4.      Sebutkan ciri-ciri perubahan kimia!

D.      Kunci Jawaban
1.      Perubahan fisika : bensin menguap, es mencair, kaca mobil pecah, kapur barus menyublim, pengkristalan garam dapur dari air laut
Perubahan kimia             : proses fotosintesis, pembusukan sampah, mengelantang pakaian dengan pemutih, daun hijau menjadi kuning, susu menjadi masam.
2.      Pada perubahan fisika tidak dihasilkan zat baru, yang berubah hanya wujudnya saja, sedangkan pada perubahan kimia komposisi zat berubah sehingga dihasilkan zat baru.
3.      a. perubahan kimia
b. perubahan fisika
c. perubahan kimia
d. perubahan fisika
e. perubahan kimia
f. perubahan fisika
4.      terjadinya perubahan warna, perubahan suhu, terbentuknya endapan, terbentuknya gas, timbul cahaya dan perubahan pH.

E.      Sistem Penilaian
-        Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1 = 40
soal nomor 2 = 10
soal nomor 3 = 40
soal nomor 4 = 10
-        Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang baik; E=sangat kurang)




Mengetahui :
Kepala Sekolah





Cianjur, 5  Juli   2012
Guru Mata Pelajaran




Ira Akhira Dewi, S.Pd


No comments:

Post a Comment