Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran : 2012 - 2013
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi
Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar
Mengelompokkan perubahan materi
Indikator
1.
Perubahan
materi dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan
2. Perubahan materi
dikelompokkan menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan
3. Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud
tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dideskripsikan melalui
percobaan
4. Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi
(perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) dideskripsikan melalui
percobaan
5. Ciri-ciri perubahan kimia dideskripsikan berdasarkan
hasil percobaan
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui praktik
siswa dapat mengamati perubahan materi (fisika dan
kimia)dengan
jelas.
2. Melalui diskusi kelompok siswa dapat mendeskripsikan perubahan materi berdasarkan hasil percobaan.
3. Melalui diskusi
kelompok siswa dapat mengelompokkan perubahan materi menjadi perubahan fisika
dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan.
4. Melalui diskusi kelompok siswa dapat mendeskripsikan perubahan fisika
berdasarkan hasil percobaan.
5. Melalui diskusi kelompok siswa dapat mendeskripsikan perubahan fisika
berdasarkan hasil percobaan.
6. Melalui diskusi kelompok siswa
dapat menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia secara rinci berdasarkan hasil percobaan.
II.
Materi Ajar
1. Perubahan materi
Materi
dapat mengalami perubahan, sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari bila air
dipanaskan akan menjadi uap air atau kertas yang dibakar akan menjadi abu.
2. Pengelompokkan materi
Berdasarkan
perubahan sifat dan strukturnya, perubahan materi dikelompokkan menjadi
perubahan fisika dan perubahan kimia.
3. Perubahan fisika
Perubahan
materi yang tidak membentuk zat yang baru. Contoh : es mencair
4. Perubahan kimia
Perubahan
materi yang disertai dengan terbentuknya zat baru. Contoh : perkaratan besi
5. Ciri-ciri
perubahan kimia
-
terjadinya perubahan warna
-
perubahan suhu
-
terbentuknya endapan
-
terbentuknya gas
-
timbul cahaya
-
perubahan pH
III.
Metode
Pembelajaran
1.
Praktik
2.
Diskusi kelompok
IV.
Langkah – Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan awal
1. Mengkondisikan
siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absensi (disiplin, religius,
jujur).
2. Appersepsi
tentang pengertian, jenis, dan sifat materi.
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan cakupan materi
B.
Kegiatan inti
1. Siswa dikelompokkan dalam kelompok kerja praktik
2. Siswa melakukan
praktik untuk mengamati perubahan materi (disiplin, jujur, mandiri).
3. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendeskripsikan perubahan materi berdasarkan hasil percobaan (toleransi, komunikatif, kritis).
4. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mengelompokkan perubahan materi menjadi
perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil
percobaan (tanggung
jawab, komunikatif).
5. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan (toleransi, komunikatif, kritis).
C.
Kegiatan akhir
1. Siswa membuat
kesimpulan dibimbing guru mengenai perubahan materi (kreatif)
2. Penugasan/Post
test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)
V.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Alat dan bahan
praktik perubahan materi
2. Lembar Kerja Siswa Perubahan Materi
3. Buku kimia 1 SMK
(Armico, Bandung) halaman 5-16
VI.
Penilaian
A.
Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian
kepribadian)
B.
Bentuk tes : Essay
C.
Butir soal :
1. Berikan contoh
masing-masing 5 perubahan fisika dan 5 perubahan kimia!
2. Jelaskan
perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia!
3. Tentukan
perubahan berikut termasuk perubahan fisika atau perubahan kimia :
a.
Nasi menjadi basi
b.
Kayu diukir menjadi patung
c.
Kertas dibakar menjadi abu
d.
Gula dilarutkan dalam air
e.
Susu dibuat menjadi keju
f.
Salju mencair
4. Sebutkan
ciri-ciri perubahan kimia!
D.
Kunci Jawaban
1.
Perubahan fisika : bensin menguap, es mencair, kaca mobil pecah,
kapur barus menyublim, pengkristalan garam dapur dari air laut
Perubahan kimia : proses fotosintesis, pembusukan
sampah, mengelantang pakaian dengan pemutih, daun hijau menjadi kuning, susu
menjadi masam.
2.
Pada perubahan fisika tidak dihasilkan zat baru, yang berubah
hanya wujudnya saja, sedangkan pada perubahan kimia komposisi zat berubah
sehingga dihasilkan zat baru.
3.
a. perubahan kimia
b. perubahan
fisika
c. perubahan
kimia
d. perubahan
fisika
e. perubahan
kimia
f. perubahan
fisika
4.
terjadinya perubahan warna, perubahan suhu, terbentuknya endapan,
terbentuknya gas, timbul cahaya dan perubahan pH.
E.
Sistem Penilaian
-
Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1 = 40
soal nomor 2 = 10
soal nomor 3 = 40
soal nomor 4 = 10
-
Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian
sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang
baik; E=sangat kurang)
Mengetahui :
Kepala Sekolah
|
Cianjur, 5 Juli
2012
Guru Mata Pelajaran
Ira Akhira Dewi,
S.Pd
|
No comments:
Post a Comment