Friday, April 13, 2012

SILABUS Kimia SMK Kelas X Semester 1

 
SILABUS


KIMIA
UNTUK SEMUA KOMPETENSI KEAHLIAN
KELAS X SEMESTER 1
Tahun Pelajaran 2012 /2013







DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIANJUR 
SMK NEGERI 2 CILAKU, CIANJUR
Jl. Perintis Kemerdekaan, Sirnagalih, Cilaku, Telpon (0263) 264794 Cianjur 43531
2012 – 2013



 

NAMA SEKOLAH                        : SMK NEGERI 2 CILAKU CIANJUR
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013
MATA PELAJARAN                     : KIMIA
KELAS/SEMESTER                       : X/1
STANDAR KOMPETENSI            : Memahami konsep materi dan perubahannya
KODE KOMPETENSI                   : 1
ALOKASI WAKTU                       : 6 x 45 Menit



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI-NILAI
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1    Mengelompokkan sifat materi

·   Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya.
·   Meteri dideskripsikan berdasarkan sifat dan jenisnya
·   Materi dikelompokkan berdasarkan sifat dan jenisnya

Materi ,  Sifat dan jenis materi
·   Mengamati contoh-contoh materi yang ada di lingkungan
·   Diskusi mengenai pengertian materi.
·   Diskusi mengenai deskripsi sifat dan jenis materi
·   Mengelompokkan materi yang ada di lingkungan berdasarkan sifat dan jenisnya

Religius, disiplin, jujur, teliti, rasa ingin tahu, komunikatif, toleransi, kritis, tanggung jawab,
kreatif, kerja keras
·   Tes tertulis
·   Penilaian proses
2
-
-
Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
1.2  Mengelom-pokkan                   perubahan materi
·   Perubahan materi dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan
·  Perubahan materi dikelompokkan menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan
·  Perubahan fisika yang ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau identitas zat dideskripsikan melalui percobaan
·  Perubahan kimia yang ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan, atau gas) dideskripsikan melalui percobaan
·  Ciri-ciri perubahan kimia dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan

Perubahan Materi
-  Perubahan fisika
-   Perubahan kimia
·        Melakukan percobaan untuk mengamati perubahan materi.
·        Diskusi kelompok untuk mendeskripsikan perubahan materi berdasarkan hasil percobaan.
·        Diskusi kelompok untuk mengelompokkan perubahan materi menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan.
·        Diskusi kelompok untuk mendeskripsikan perubahan fisika berdasarkan hasil percobaan.
·        Diskusi kelompok untuk mendeskripsikan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan.
·        Diskusi kelompok untuk menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia secara rinci berdasarkan hasil percobaan.
·        Membuat laporan hasil percobaan

Disiplin, religius, jujur, mandiri, toleransi, komunikasi,
kritis, tanggung jawab, kerja keras, kreatif
·   Tes tertulis
·   Penilaian proses
·   Tugas (laporan)
-
1 (2)
-
·   Alat dan Bahan Praktik
·   Perubahan Materi
·   Lembar Kerja Siswa Perubahan Materi
·   Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
1.3  Mengklasi-fikasi  materi
·   Klasifikasi materi menjadi zat tunggal dan campuran dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
·   Zat tunggal dikelompokkan menjadi unsur dan senyawa.
·   Pengertian unsur dan senyawa dibedakan dengan jelas.
·   Campuran homogen dan heterogen dibedakan melalui percobaan
·   Pengertian campuran homogen dan heterogen dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan.

Klasifikasi Materi
-   Unsur
-   Senyawa
-   Campuran
homogen dan heterogen
·        Diskusi informasi  mengenai klasifikasi materi menjadi zat tunggal dan campuran.
·        Diskusi informasi mengenai pengelompokan zat tunggal  menjadi unsur dan senyawa.
·        Diskusi informasi mengenai perbedaan konsep unsur dan senyawa.
·        Demonstrasi percobaan pelarutan zat untuk membedakan campuran menjadi campuran homogen dan heterogen
·        Mendeskripsikan  pengertian campuran homogen dan heterogen berdasarkan hasil percobaan.

rasa ingin tahu, gemar membaca, kritis, toleran, komunika-tif, jujur, mandiri.
·   Tes tertulis
·   Penilaian proses
2
-
-
·   Alat dan Bahan Praktik
·   Perubahan Materi
·   Lembar Kerja Siswa Perubahan Materi
·   Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)





NAMA SEKOLAH                        : SMK NEGERI 2 CILAKU CIANJUR
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013
MATA PELAJARAN                     : KIMIA
KELAS/SEMESTER                       : X/1
STANDAR KOMPETENSI            : Mengidentifikasi struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur
KODE KOMPETENSI                   : 2
ALOKASI WAKTU                       : 10 x 45 Menit



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI-NILAI
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
2.1    Mendes-kripsikan perkembangan teori atom dan struktur atom
·   Perkembangan teori atom dari teori atom Dalton, J.J. Thompson, Rutherford, Niels-Bohr, dan mekanika kuantum dideskripsikan dengan benar.
·   Partikel penyusun atom dideskripsikan berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda Michael Faraday dan eksperimeen tetes minyak Millikan
·   Nomor atom dan nomor massa dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya

Perkembangan model atom
-  Dalton
-  J.J Thompson
-  Rutherford
-  Neils-Bohr
- Mekanika kuantum (modern)

Eksperimen sinar katoda Michael Faraday

Eksperimen tetes minyak Millikan

Struktur Atom
Partikel penyusun atom
-   Elektron
-   Proton
-   Neutron
·   Presentasi tugas kelompok mengenai perkembangan teori atom dan partikel-partikel penyusun atom.
·   Menyimpulkan perkembangan teori atom dan partikel-partikel penyusun atom.
·   Diskusi informasi untuk mendeskripsikan pengertian nomor atom sebagai jumlah proton dalam inti atom, sedangkan nomor massa sebagai massa atom relatif yang dimiliki suatu atom.
·   Latihan soal untuk menentukan jumlah proton, elektron dan neutron suatu atom

rasa ingin tahu, gemar membaca, kritis, toleran, komunika-tif, jujur, mandiri.
·   Tes tertulis
·   Penilaian proses

6


·   Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
·   Sumber belajar internet


·   Simbol atom sebagai lambang unsur dituliskan sesuai aturan IUPAC
·   Isotop, isobar dan isoton dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
·   Konfigurasi elektron unsur golongan utama dituliskan berdasarkan model atom Niels-Bohr (model atom hidrogen)
·   Konfigurasi elektron unsur golongan  transisi dituliskan berdasarkan model atom mekanika kuantum.
·   Elektron valensi dideskripsikan sesuai konfigurasi elektronnya

Nomor atom, nomor massa

Simbol atom

Isotop, isobar, isoton

Konfigurasi golongan utama

Konfigurasi golongan transisi

Elektron valensi


·   Latihan soal untuk menuliskan simbol atom sesuai aturan IUPAC.
·   Diskusi informasi untuk mendeskripsikan pengertian isotop, isobar dan isoton dengan benar.
·   Latihan soal untuk menuliskan konfigurasi elektron golongan utama dengan benar
·   Latihan soal untuk menuliskan konfigurasi elektron golongan transisi dengan benar
·   Latihan soal untuk menjelaskan pengertian elektron valensi sesuai konfigurasinya







2.2    Mendeskripsikan perkembangan dan sistematika sistem periodik unsur


·   Perkembangan pengelompokan unsur dideskripsikan mulai dari Triade Dobereiner sampai Sistem Periodik Modern
·   Letak unsur dalam sistem periodik dideskripsikan berdasarkan konfigurasi elektron
·   Pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar terhadap sifat keperiodikan dan sifat kemiripan unsur dideskripsikan sesuai dengan ketentuan
·   Jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan dideskripsikan sesuai dengan sifatnya dalam tabel periodik unsur.
·  Perkembangan Sistim Periodik Unsur Kimia

·  Sistematika sistem periodik unsur

·  Pemanfaatan table periodik unsur

·  Sifat logam dan non logam

·  Periode dan golongan


·       Diskusi informasi mengenai perkembangan pengelompokan unsur mulai dari Triade Dobereiner sampai Sistem Periodik Modern secara rinci.
·       Menganalisis letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron .
·       Diskusi informasi mengenai  sifat-sifat periodik unsur berdasarkan pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar secara rinci .
·       Diskusi informasi mengenai jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan keelektronegatifan sesuai dengan sifatnya dalam tabel periodik unsur .
Rasa ingin tahu, komunikatif, toleransi, komunikatif, kritis, rasa ingin tahu, komunikatif, toleransi, komunikatif, kritis.
Tes tertulis
Penilaian proses
4


·   Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)




NAMA SEKOLAH                        : SMK NEGERI 2 CILAKU CIANJUR
TAHUN PELAJARAN                   : 2012/2013
MATA PELAJARAN                     : KIMIA
KELAS/SEMESTER                       : X/1
STANDAR KOMPETENSI            : Memahami terjadinya ikatan kimia
KODE KOMPETENSI                   : 3
ALOKASI WAKTU                       : 14 X 45 Menit



KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NILAI-NILAI
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
3.1    Mendes-kripsikan terjadinya ikatan ion
·   Peranan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia dideskripsikan berdasarkan teori oktet dan duplet
·   Pembentukan ikatan ion dideskripsikan berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion


-  Kestabilan atom
-  Ikatan Ion
·   Mendeskripsikan peranan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia berdasarkan teori oktet dan duplet
·   Mendeskripsikan pembentukan ikatan ion berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion
·    

Toleransi, komunikatif, kritis.
·       Tes tertulis
·       Penilaian proses
4


·       Buku kimia untuk SMA atau SMK
·       Tabel Sistem Periodik
3.2    Mendes-kripsikan terjadinya ikatan kovalen


·   Penulisan simbol Lewis dideskripsikan berdasarkan jumlah elektron valensi
·   Pembentukan ikatan kovalen dideskripsikan  berdasarkan penggunaan pasangan elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa kovalen
·   Jenis ikatan kovalen (tunggal, rangkap) dideskripsikan berdasarkan pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan
·   Jenis ikatan kimia yang terjadi diramalkan berdasarkan nomor atom unsur-unsur yang berikatan.

·  Simbol dan Struktur Lewis
·  Ikatan Kovalen
·   Mendeskripsikan  penulisan simbol Lewis dan struktur Lewis berdasarkan jumlah elektron valensi.
·   Latihan menuliskan struktur Lewis
·   Mendeskripsikan pembentukan ikatan kovalen berdasarkan penggunaan pasangan elektron secara bersama-sama dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa kovalen
·   Mendeskripsikan jenis ikatan kovalen (tunggal, rangkap) berdasarkan pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan
·   Latihan menuliskan struktur Lewis ikatan kovalen rangkap.
·   Meramalkan jenis ikatan kimia yang terjadi berdasarkan nomor atom unsur-unsur yang berikatan.

mandiri, kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu, komunika-tif, tanggung jawab
·       Tes tertulis
·       Penilaian proses
6


Buku kimia untuk SMA atau SMK
Tabel Sistem Periodik
3.3    Menjelas-kan ikatan logam
·   Pembentukan ikatan logam dideskripsikan sebagai akibat adanya elektron bebas pada logam
·   Pembentukan sifat logam dideskripsikan sebagai akibat pembentukan orbital baru karena adanya elektron bebas pada logam
Ikatan Logam
·   Mendeskripsikan pembentukan ikatan logam sebagai akibat adanya elektron bebas pada logam
·   Mengamati sifat-sifat logam
·   mendeskripsikan pembentukan sifat logam sebagai akibat pembentukan orbital baru karena adanya elektron bebas pada logam
toleransi, komunika-tif, kritis, tanggung jawab, rasa ingin tahu.
·       Tes tertulis
·       Penilaian proses
2


Buku kimia untuk SMA atau SMK
Alat Bahan Praktik
3.4    Menjelas-kan ikatan Van der Walls
·       Pembentukan ikatan van Der Walls dijelaskan dengan benar.
·       Jenis-jenis ikatan van Der Walls dideskripsikan dengan benar.

Ikatan van Der Walls

Jenis-jenis ikatan Van Der Walls

·   Siswa bertanya jawab menjelaskan pembentukan ikatan van Der Walls.
·   Siswa berdiskusi mendeskripsikan jenis-jenis ikatan van Der Walls
rasa ingin tahu, komunika-tif
·   Tes tertulis
·   Tugas
2


Buku kimia untuk SMA atau SMK



No comments:

Post a Comment

Post a Comment