SILABUS
KIMIA
UNTUK SEMUA
KOMPETENSI KEAHLIAN
KELAS X SEMESTER 1
Tahun Pelajaran 2012
/2013
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIANJUR
SMK NEGERI 2 CILAKU, CIANJUR
Jl.
Perintis Kemerdekaan, Sirnagalih, Cilaku, Telpon (0263) 264794 Cianjur 43531
2012 – 2013
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 2 CILAKU CIANJUR
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
MATA PELAJARAN : KIMIA
KELAS/SEMESTER : X/1
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI-NILAI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
1.1
Mengelompokkan sifat materi
|
·
Materi sebagai sesuatu yang memiliki massa dan
menempati ruang dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya.
·
Meteri dideskripsikan berdasarkan sifat dan jenisnya
·
Materi dikelompokkan berdasarkan sifat dan jenisnya
|
Materi , Sifat
dan jenis materi
|
·
Mengamati contoh-contoh materi yang ada di lingkungan
·
Diskusi mengenai pengertian materi.
·
Diskusi mengenai deskripsi sifat dan jenis materi
·
Mengelompokkan materi yang ada di lingkungan
berdasarkan sifat dan jenisnya
|
Religius, disiplin, jujur, teliti, rasa ingin tahu,
komunikatif, toleransi, kritis, tanggung jawab,
kreatif, kerja keras
|
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
|
2
|
-
|
-
|
Buku kimia
1 SMK (Armico, Bandung)
|
1.2 Mengelom-pokkan perubahan materi
|
·
Perubahan materi dideskripsikan berdasarkan hasil
percobaan
· Perubahan
materi dikelompokkan menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan
· Perubahan fisika yang
ditunjukkan oleh perubahan wujud tanpa terjadi perubahan komposisi atau
identitas zat dideskripsikan melalui percobaan
· Perubahan kimia yang
ditunjukkan oleh perubahan komposisi (perubahan warna, terbentuknya endapan,
atau gas) dideskripsikan melalui percobaan
· Ciri-ciri perubahan kimia
dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan
|
Perubahan Materi
- Perubahan fisika
- Perubahan kimia
|
·
Melakukan percobaan untuk mengamati perubahan materi.
·
Diskusi kelompok untuk mendeskripsikan perubahan materi
berdasarkan hasil percobaan.
·
Diskusi kelompok untuk mengelompokkan
perubahan materi menjadi perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan hasil percobaan.
·
Diskusi kelompok untuk mendeskripsikan perubahan fisika berdasarkan hasil
percobaan.
·
Diskusi kelompok untuk mendeskripsikan perubahan kimia berdasarkan hasil
percobaan.
·
Diskusi kelompok
untuk menjelaskan ciri-ciri perubahan kimia secara rinci berdasarkan hasil percobaan.
·
Membuat laporan hasil percobaan
|
Disiplin, religius, jujur, mandiri, toleransi,
komunikasi,
kritis, tanggung jawab, kerja keras, kreatif
|
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
·
Tugas (laporan)
|
-
|
1 (2)
|
-
|
·
Alat dan Bahan Praktik
·
Perubahan Materi
·
Lembar Kerja Siswa Perubahan Materi
·
Buku kimia 1 SMK (Armico, Bandung)
|
1.3 Mengklasi-fikasi materi
|
·
Klasifikasi materi menjadi zat tunggal dan campuran
dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
·
Zat tunggal dikelompokkan menjadi
unsur dan senyawa.
·
Pengertian unsur dan senyawa dibedakan dengan jelas.
·
Campuran homogen dan heterogen dibedakan melalui
percobaan
·
Pengertian campuran homogen dan heterogen
dideskripsikan berdasarkan hasil percobaan.
|
Klasifikasi Materi
- Unsur
- Senyawa
- Campuran
homogen
dan heterogen
|
·
Diskusi informasi mengenai klasifikasi
materi menjadi zat tunggal dan campuran.
·
Diskusi informasi mengenai pengelompokan zat
tunggal menjadi unsur dan senyawa.
·
Diskusi informasi mengenai perbedaan konsep
unsur dan senyawa.
·
Demonstrasi percobaan pelarutan zat untuk membedakan
campuran menjadi campuran homogen dan heterogen
·
Mendeskripsikan pengertian campuran
homogen dan heterogen
berdasarkan hasil percobaan.
|
rasa ingin tahu, gemar membaca, kritis, toleran, komunika-tif, jujur,
mandiri.
|
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
|
2
|
-
|
-
|
·
Alat dan Bahan Praktik
·
Perubahan Materi
·
Lembar Kerja Siswa Perubahan Materi
·
Buku kimia 1 SMK (Armico,
Bandung)
|
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 2 CILAKU CIANJUR
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
MATA PELAJARAN :
KIMIA
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI :
Mengidentifikasi struktur atom dan
sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur
KODE KOMPETENSI : 2
ALOKASI WAKTU :
10
x 45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI-NILAI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
2.1
Mendes-kripsikan perkembangan teori atom dan struktur atom
|
·
Perkembangan teori atom dari teori atom Dalton, J.J.
Thompson, Rutherford, Niels-Bohr, dan mekanika kuantum dideskripsikan dengan
benar.
·
Partikel penyusun atom dideskripsikan berdasarkan hasil
eksperimen sinar katoda Michael Faraday dan eksperimeen tetes minyak Millikan
·
Nomor atom dan nomor massa dideskripsikan sesuai dengan
pengertiannya
|
Perkembangan model atom
- Dalton
- J.J Thompson
- Rutherford
- Neils-Bohr
- Mekanika kuantum (modern)
Eksperimen sinar katoda Michael
Faraday
Eksperimen tetes minyak
Millikan
Struktur Atom
Partikel penyusun atom
- Elektron
- Proton
- Neutron
|
· Presentasi tugas kelompok mengenai perkembangan
teori atom dan partikel-partikel penyusun atom.
· Menyimpulkan perkembangan teori atom dan
partikel-partikel penyusun atom.
· Diskusi informasi untuk
mendeskripsikan pengertian nomor atom sebagai jumlah proton dalam inti atom, sedangkan nomor
massa sebagai massa atom relatif yang dimiliki
suatu atom.
· Latihan soal untuk menentukan
jumlah proton, elektron dan neutron suatu atom
|
rasa ingin tahu, gemar membaca, kritis, toleran, komunika-tif, jujur,
mandiri.
|
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
|
6
|
·
Buku kimia 1 SMK (Armico,
Bandung)
·
Sumber belajar internet
|
||
·
Simbol atom sebagai lambang unsur dituliskan sesuai
aturan IUPAC
·
Isotop, isobar dan isoton dideskripsikan sesuai dengan
pengertiannya
·
Konfigurasi elektron unsur golongan utama dituliskan
berdasarkan model atom Niels-Bohr (model atom hidrogen)
·
Konfigurasi elektron unsur golongan transisi dituliskan berdasarkan model atom
mekanika kuantum.
·
Elektron valensi dideskripsikan sesuai konfigurasi
elektronnya
|
Nomor atom, nomor massa
Simbol atom
Isotop, isobar, isoton
Konfigurasi golongan utama
Konfigurasi golongan transisi
Elektron valensi
|
· Latihan soal untuk menuliskan simbol atom
sesuai aturan IUPAC.
· Diskusi informasi untuk mendeskripsikan
pengertian isotop, isobar dan isoton dengan benar.
· Latihan soal untuk menuliskan
konfigurasi elektron golongan
utama dengan benar
· Latihan soal untuk menuliskan
konfigurasi elektron golongan
transisi dengan benar
· Latihan soal
untuk
menjelaskan pengertian elektron valensi sesuai konfigurasinya
|
|||||||
2.2
Mendeskripsikan perkembangan dan sistematika sistem periodik unsur
|
·
Perkembangan pengelompokan unsur dideskripsikan mulai
dari Triade Dobereiner sampai Sistem Periodik Modern
·
Letak unsur dalam sistem periodik dideskripsikan
berdasarkan konfigurasi elektron
·
Pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar terhadap
sifat keperiodikan dan sifat kemiripan unsur dideskripsikan sesuai dengan
ketentuan
·
Jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan
keelektronegatifan dideskripsikan sesuai dengan sifatnya dalam tabel periodik
unsur.
|
· Perkembangan Sistim Periodik Unsur Kimia
· Sistematika sistem periodik
unsur
· Pemanfaatan table periodik unsur
· Sifat logam dan non logam
· Periode dan golongan
|
· Diskusi
informasi mengenai perkembangan pengelompokan unsur mulai dari Triade Dobereiner sampai Sistem
Periodik Modern secara rinci.
· Menganalisis
letak unsur dalam sistem periodik berdasarkan konfigurasi elektron
.
· Diskusi
informasi mengenai sifat-sifat
periodik unsur berdasarkan pengaruh jumlah elektron pada kulit terluar secara
rinci .
·
Diskusi informasi mengenai jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, dan
keelektronegatifan sesuai dengan sifatnya dalam tabel periodik unsur
.
|
Rasa ingin
tahu, komunikatif, toleransi, komunikatif, kritis, rasa ingin tahu,
komunikatif, toleransi, komunikatif, kritis.
|
Tes tertulis
Penilaian proses
|
4
|
·
Buku kimia 1 SMK (Armico,
Bandung)
|
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 2 CILAKU CIANJUR
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
MATA PELAJARAN :
KIMIA
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI :
Memahami terjadinya ikatan kimia
KODE KOMPETENSI : 3
ALOKASI WAKTU : 14 X
45 Menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
NILAI-NILAI
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
3.1
Mendes-kripsikan terjadinya ikatan ion
|
·
Peranan elektron valensi untuk mencapai konfigurasi
elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia dideskripsikan
berdasarkan teori oktet dan duplet
·
Pembentukan ikatan ion dideskripsikan berdasarkan serah
terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion
|
- Kestabilan atom
- Ikatan Ion
|
·
Mendeskripsikan peranan elektron valensi untuk mencapai
konfigurasi elektron yang stabil dalam pembentukan ikatan kimia berdasarkan
teori oktet dan duplet
·
Mendeskripsikan pembentukan ikatan ion berdasarkan
serah terima elektron dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa ion
·
|
Toleransi,
komunikatif, kritis.
|
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
|
4
|
·
Buku kimia untuk SMA atau SMK
·
Tabel Sistem Periodik
|
||
3.2
Mendes-kripsikan terjadinya ikatan kovalen
|
·
Penulisan simbol Lewis dideskripsikan berdasarkan
jumlah elektron valensi
·
Pembentukan ikatan kovalen dideskripsikan berdasarkan penggunaan pasangan elektron
dari unsur yang berikatan dan menghasilkan senyawa kovalen
·
Jenis ikatan kovalen (tunggal, rangkap) dideskripsikan
berdasarkan pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan
·
Jenis ikatan kimia yang terjadi diramalkan berdasarkan
nomor atom unsur-unsur yang berikatan.
|
· Simbol dan Struktur Lewis
· Ikatan Kovalen
|
·
Mendeskripsikan
penulisan simbol Lewis dan struktur Lewis berdasarkan jumlah elektron
valensi.
·
Latihan menuliskan struktur
Lewis
·
Mendeskripsikan pembentukan ikatan kovalen berdasarkan
penggunaan pasangan elektron secara bersama-sama dari unsur yang berikatan
dan menghasilkan senyawa kovalen
·
Mendeskripsikan jenis ikatan kovalen (tunggal, rangkap)
berdasarkan pengaruh banyaknya pasangan elektron yang berikatan
·
Latihan menuliskan struktur
Lewis ikatan kovalen rangkap.
·
Meramalkan jenis ikatan kimia yang terjadi berdasarkan
nomor atom unsur-unsur yang berikatan.
|
mandiri,
kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu, komunika-tif, tanggung jawab
|
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
|
6
|
Buku kimia untuk SMA atau SMK
Tabel Sistem Periodik
|
||
3.3
Menjelas-kan ikatan logam
|
·
Pembentukan ikatan logam dideskripsikan sebagai akibat
adanya elektron bebas pada logam
·
Pembentukan sifat logam dideskripsikan sebagai akibat
pembentukan orbital baru karena adanya elektron bebas pada logam
|
Ikatan Logam
|
·
Mendeskripsikan pembentukan ikatan logam sebagai akibat
adanya elektron bebas pada logam
·
Mengamati sifat-sifat logam
·
mendeskripsikan pembentukan sifat logam sebagai akibat
pembentukan orbital baru karena adanya elektron bebas pada logam
|
toleransi,
komunika-tif, kritis, tanggung jawab, rasa ingin tahu.
|
·
Tes tertulis
·
Penilaian proses
|
2
|
Buku kimia untuk SMA atau SMK
Alat Bahan Praktik
|
||
3.4
Menjelas-kan ikatan Van der Walls
|
· Pembentukan
ikatan van Der Walls dijelaskan dengan benar.
· Jenis-jenis
ikatan van Der Walls dideskripsikan dengan benar.
|
Ikatan
van Der Walls
Jenis-jenis
ikatan Van Der Walls
|
· Siswa
bertanya jawab menjelaskan pembentukan ikatan van Der Walls.
·
Siswa berdiskusi mendeskripsikan
jenis-jenis ikatan van Der Walls
|
rasa ingin tahu, komunika-tif
|
·
Tes tertulis
·
Tugas
|
2
|
Buku kimia untuk SMA atau SMK
|
No comments:
Post a Comment