Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X
E. Sistem Penilaian
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran : 2012 / 2013
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi
Memahami konsep materi dan perubahannya
Kompetensi Dasar
Mengelompokkan sifat dan jenis materi
Indikator
1.
Materi
sebagai sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang dideskripsikan sesuai
dengan pengertiannya.
2.
Meteri dideskripsikan
berdasarkan sifat dan jenisnya
3.
Materi
dikelompokkan berdasarkan sifat dan jenisnya
I.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui pengamatan
terhadap lingkungan siswa dapat menyebutkan contoh-contoh materi
2.
Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian materi dengan benar.
3.
Melalui diskusi informasi siswa dapat
mendeskripsikan sifat materi.
4.
Melalui diskusi informasi siswa dapat
mendeskripsikan jenis materi.
5.
Melalui kerja kelompok siswa dapat mengelompokkan materi
berdasarkan sifatnya.
6. Melalui kerja kelompok siswa dapat mengelompokkan materi berdasarkan jenisnya.
II.
Materi Ajar
1.
Pengertian materi
Materi adalah segala sesuatu yang memiliki
massa dan menempati ruang.
2.
Contoh-contoh materi :
Air, tanah,
udara, kertas, kain, dll
3.
Sifat-sifat materi
a.
Sifat fisis adalah ciri suatu materi yang dapat diamati tanpa
merubah zat-zat yang menyusun materi tersebut
b.
Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang menyatakan apakah zat
itu dapat mengalami perubahan kimia tertentu.
4.
Jenis-jenis materi
a.
Padat; mempunyai bentuk dan volume yang tetap.
b.
Cair; volume tetap tapi bentuk selalu berubah mengikuti wadah yang
ditempatinya.
c.
Gas; volume dan bentuk akan mengikuti wadah yang ditempatinya.
5.
Pengelompokkan materi berdasarkan sifatnya.
a.
Sifat fisis; warna, bentuk, bau, rasa, wujud, berat, berat jenis,
kekerasan, kelenturan, titik didih/titik leleh, titik beku/titik lebur,
hantaran listrik.
b.
Sifat kimia; kestabilan (mudah tidaknya zat tersebut berubah),
mudah tidaknya zat terbakar, berkarat, beracun, membusuk.
6.
Pengelompokkan materi berdasarkan jenisnya.
a. Padat; kayu,
besi, plastik, es
b. Cair; minyak,
sirup, susu, air
c. Gas; oksigen,
udara, karbondioksida, uap air
III.
Metode
Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Diskusi
3.
Kerja kelompok
IV.
Langkah – Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan awal
1. Mengkondisikan
siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absen (disiplin, religius,
jujur)
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3. Apersepsi tentang
benda atau materi yang ada di sekitar kita
B.
Kegiatan inti
1. Siswa mengamati lingkungan sekitar (teliti)
2. Siswa mencatat benda-benda yang terdapat di lingkungan sekitar (teliti)
3. Siswa diskusi dengan dibimbing guru untuk menjelaskan pengertian materi (rasa ingin
tahu, komunikatif).
4. Siswa diskusi dengan dibimbing guru untuk mendeskripsikan sifat materi (toleransi,
komunikatif, kritis).
5. Siswa diskusi dengan dibimbing guru untuk mendeskripsikan jenis materi (toleransi,
komunikatif, kritis).
6. Siswa kerja
kelompok untuk
mengelompokkan
materi berdasarkan sifatnya (tanggung jawab, komunikatif).
7. Siswa kerja
kelompok untuk mengelompokkan materi berdasarkan jenisnya
(tanggung jawab, komunikatif).
C.
Kegiatan akhir
1.
Diskusi untuk membuat kesimpulan
dengan dibimbing guru (kreatif)
2.
Penugasan/Post test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)
V.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Buku kimia 1 SMK
(Armico, Bandung)
2. Lingkungan
sekolah
VI.
Penilaian
A.
Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian
kepribadian)
B.
Bentuk tes : Essay
C.
Butir soal :
1. Apa yang dimaksud
dengan materi?
2. Sebutkan
masing-masing 3 contoh materi berwujud padat, cair dan gas!
3. Jelaskan
perbedaan sifat fisis dan sifat kimia!
4. Berikut ini
termasuk sifat fisis atau sifat kimia :
a. berat jenis
b. mudah berkarat
c. berwarna hijau
d. mudah pudar
e. rasa masam
D.
Kunci Jawaban
1.
Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati
ruang.
2.
Materi berwujud padat :
besi, kayu, kertas
Materi berwujud
cair : air, alkohol, minyak tanah
Materi berwujud
gas : udara, uap, asap
3.
Sifat fisis adalah ciri suatu materi yang dapat diamati tanpa
merubah zat-zat yang menyusun materi tersebut, sedangkan sifat kimia adalah
ciri-ciri suatu zat yang menyatakan apakah zat itu dapat mengalami perubahan
kimia tertentu.
4.
a. sifat fisis
b. sifat kimia
c. sifat fisis
d. sifat kimia
e. sifat fisika
E. Sistem Penilaian
-
Skor penilaian tes tulis maksimal 100 dengan perincian sebagai
berikut :
soal nomor 1 = 10
soal nomor 2 = 30
soal nomor 3 = 20
soal nomor 4 = 40
-
Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian
sebagai berikut :
(A=sangat
baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang baik; E=sangat kurang)
Mengetahui :
Kepala Sekolah
|
Cianjur, 5 Juli
2012
Guru Mata Pelajaran
Ira Akhira Dewi,
S.Pd
|
No comments:
Post a Comment