Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran : 2012 - 2013
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke- :
9 dan 10
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit
Standar
Kompetensi
Memahami terjadinya ikatan kimia
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan terjadinya ikatan ion
Indikator
1.
Peranan
elektron valensi untuk mencapai konfigurasi elektron yang stabil dalam
pembentukan ikatan kimia dideskripsikan berdasarkan teori oktet dan duplet
2.
Pembentukan
ikatan ion dideskripsikan berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang
berikatan dan menghasilkan senyawa ion
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui diskusi
siswa dapat mendeskripsikan peranan elektron valensi dalam pembentukan ikatan
kimia berdasarkan teori oktet dan duplet.
2. Melalui diskusi
siswa dapat menjelaskan pembentukan ikatan ion berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang berikatan
dan menghasilkan senyawa ion.
II.
Materi Ajar
1. Ikatan kimia
Atom-atom
bergabung menjadi senyawa yang lebih stabil dengan mengeluarkan energi.
Atom-atom bergabung karena adanya gaya tarik menarik antara dua atom. Gaya tari
menarik antar atom inilah yang disebut ikatan kimia.
2. Teori oktet atau
duplet
Konfigurasi elektron
suatu atom akan stabil apabila elektron terluarnya 2 (duplet) atau 8 (oktet),
dengan cara menerima atau melepaskan elektron (terjadi perpindahan elektron).
3. Ikatan ion
Ikatan yang
terjadi karena adanya gaya tarik menarik elektrostatik antara ion postif dan
ion negatif.
III.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
IV.
Langkah – Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan awal
1. Mengkondisikan
siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absensi (disiplin, religius,
jujur).
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3. Apersepsi tentang
elektron valensi
B.
Kegiatan inti
1.
Siswa berdiskusi mendeskripsikan peranan elektron valensi dalam
pembentukan ikatan kimia berdasarkan
teori oktet dan duplet. (toleransi, komunikatif, kritis).
2.
Siswa berdiskusi menjelaskan pembentukan ikatan ion berdasarkan serah terima elektron dari unsur yang
berikatan dan menghasilkan senyawa ion. (toleransi, komunikatif, kritis).
C.
Kegiatan akhir
1. Membuat
kesimpulan (kreatif)
2. Penugasan/Post
test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)
V.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Buku kimia 1 SMK
(Armico, Bandung)
2. Tabel sistem
periodik
VI.
Penilaian
A.
Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian
kepribadian)
B.
Bentuk tes : Essay
C.
Butir soal :
1. Jelaskan peranan
elektron valensi dalam pembentukan ikatan kimia!
2. Apa yang dimaksud
dengan teori oktet?
3. Jelaskan apa yang
dimaksud ikatan ion dan berikan contoh 5 senyawa yang berikatan ion!
4. Dibawah ini,
ion-ion manakah yang mempunyai konfigurasi elektron gas mulia?
a.
Fe3+, Co3+ dan Cr3+
b.
O2-, S2- dan P3-
D.
Kunci Jawaban
1.
Setiap atom memiliki kecenderungan untuk mempunyai susunan
elektron yang stabil seperti gas mulia, dengan cara melepaskan elektron,
menerima elektron atau menggunakan pasangan elektron secara bersama-sama.
-sebuah atom akan cenderung melepaskan
elektron apabila ia memiliki elektron valensi 1,2 atau 3 elektron dibandingkan
konfigurasi elektron gas mulia terdekat.
-sebuah atom akan cenderung menerima elektron
apabila ia memiliki elektron valensi terluar 4,5,6 atau 7 elektron dibandingkan
konfigurasi elektron gas mulia yang terdekat.
-jika suatu atom melepaskan elektron berarti
atom tersebut memberikan elektron kepada atom lain. Sebaliknya, jika suatu atom
menangkap elektron berarti atom itu menerima elektron dari atom lain. Jadi
susunan elektron yang stabil dapat dicapai dengan berikatan dengan atom lain.
2.
Teori oktet adalah kecenderungan atom-atom untuk memiliki delapan
elektron di kulit terluar.
3.
Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi karena adanya gaya tarik
menarik elektrostatik antara ion postif dan ion negatif.
Contoh : NaCl, KI, BaCl2, Na2O,LiF
4.
a. konfigurasi elektron
26Fe3+ : 2 8 8 5
27Co3+ : 2 8 8 6
24Cr3+ :
2 8
8 3
b. konfigurasi elektron
8O2- : 2
8
16S2- : 2
8 8
15P3- : 2
8 8
Ion-ion yang mempunyai konfigurasi elektron
gas mulia adalah bagian b yaitu O2-, S2- dan P3-.
E.
Sistem Penilaian
-
Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1 =
20
soal nomor 2 =
20
soal nomor 3 =
20
soal nomor 4 =
40
-
Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian
sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang
baik; E=sangat kurang)
Mengetahui :
Kepala Sekolah
|
Cianjur, 5 Juli
2012
Guru Mata Pelajaran
Ira Akhira Dewi, S.Pd
|
No comments:
Post a Comment