Silahkan lihat juga posting saya : SILABUS KIMIA KELAS X
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Cilaku
Tahun Ajaran : 2012 - 2013
Mata Pelajaran : Kimi
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke- : 4, 5, 6
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar
Kompetensi
Mengidentifikasi
struktur atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perkembangan teori atom dan struktur atom
Indikator
1.
Perkembangan
teori atom dari teori atom Dalton, J.J. Thompson, Rutherford, Niels-Bohr, dan
mekanika kuantum dideskripsikan dengan benar.
2.
Partikel
penyusun atom dideskripsikan berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda Michael
Faraday dan eksperimeen tetes minyak Millikan
3.
Nomor atom
dan nomor massa dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
4.
Simbol atom
dituliskan sesuai aturan IUPAC
5.
Isotop,
isobar dan isoton dideskripsikan sesuai dengan pengertiannya
6.
Konfigurasi
elektron unsur golongan utama dituliskan berdasarkan model atom Niels-Bohr
(model atom hidrogen)
7.
Konfigurasi
elektron unsur golongan transisi
dituliskan berdasarkan model atom mekanika kuantum.
8.
Elektron
valensi dideskripsikan sesuai konfigurasi elektronnya
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui penugasan kelompok siswa dapat mendeskripsikan perkembangan teori atom.
2. Melalui penugasan kelompok siswa dapat mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan
masing-masing teori atom secara rinci.
3. Melalui penugasan kelompok siswa dapat mendeskripsikan partikel penyusun atom berdasarkan hasil eksperimen sinar katoda Michael Faraday dan tetes minyak
Millikan.
4. Melalui diskusi informasi siswa dapat mendeskripsikan pengertian nomor atom sebagai jumlah proton dalam inti atom, sedangkan nomor massa sebagai massa atom relatif yang dimiliki suatu atom.
5. Melalui latihan soal siswa
dapat menentukan jumlah proton, elektron dan neutron suatu atom
6. Melalui latihan soal siswa dapat menuliskan
simbol atom sesuai aturan IUPAC.
7. Melalui diskusi informasi siswa dapat mendeskripsikan pengertian isotop, isobar dan isoton
dengan benar.
8. Melalui latihan soal
siswa dapat menuliskan konfigurasi elektron golongan utama dengan benar
9. Melalui latihan soal
siswa dapat menuliskan konfigurasi elektron golongan transisi dengan benar
10. Melalui latihan soal siswa dapat menjelaskan pengertian elektron valensi sesuai konfigurasinya
II.
Materi Ajar
1. Perkembangan
teori atom
a. Model atom Dalton
b. Model atom
Thomson
c. Model atom
Rutherford
d. Model atom Bohr
e. Model atom
mekaanika kuantum (model atom modern)
2. Partikel penyusun atom (eksperien sinar katoda dan tetes minyak millikan)
3. Nomor atom
menunjukan jumlah proton (p) dalam inti atom
Nomor massa
menunjukan jumlah proton (p) dan neutron (n) yang menyusun inti atom
4. Simbol atom
zX
X = tanda atom unsur,
A = nomor atom, Z = nomor massa
5. Isotop, isobar
dan isoton
Isotop adalah
atom-atom yang mempunyai nomor atom yang sama, tetapi massa atomnya berbeda.
Isobar adalah
atom-atom yang mempunyai nomor atom yang berbeda, tetapi massa atomnya sama.
Isoton adalah
atom-atom yang mempunyai jumlah neutron yang sama dari unsur-unsur yang
berbeda.
6. Konfigurasi
elektron golongan utama; menggambarkan penyebaran atau
susunan elektron dalam atom berdasarkan model atom
Niels-Bohr
7. Konfigurasi elektron golongan transisi ; menggambarkan posisi kebolehjadian
elektron dalam atom berdasarkan model atom mekanika kuantum
8. Elektron valensi;
elektron yang berada pada kulit terluar
III.
Metode
Pembelajaran
1. Penugasan kelompok
2. Diskusi
3. Presentasi
4. Latihan
IV.
Langkah – Langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan awal
1. Mengkondisikan
siswa untuk siap belajar melalui salam, berdoa dan absensi (disiplin, religius,
jujur).
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan cakupan materi
3. Appersepsi
tentang atom
B.
Kegiatan inti
Pada pertemuan sebelumnya siswa diberi tugas kelompok untuk mencari bahan
melalui internet sehingga dapat mendeskripsikan mengenai perkembangan
teori atom serta kelebihan dan kekurangan setiap model
atom, partikel-partikel penyusun atom (eksperimen sinar katoda Michael Faraday
dan Tetes minyak Millikan) sehingga dapat menjelaskan bagaimana ditemukannnya
partikel-partikel penyusun atom.
1.
Siswa mempresentasikan
tugas kelompok mengenai perkembangan teori atom dan partikel-partikel penyusun
atom.
2.
Siswa menyimpulkan
perkembangan teori atom dan partikel-partikel penyusun atom.
3.
Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru untuk mendeskripsikan
pengertian nomor atom sebagai jumlah proton dalam inti atom,
sedangkan nomor
massa sebagai massa atom relatif yang dimiliki suatu atom.
4.
Latihan soal untuk
menentukan jumlah proton, elektron dan neutron suatu atom
5.
Latihan soal untuk
menuliskan simbol atom sesuai aturan IUPAC.
6.
Siswa melakukan diskusi dengan bimbingan guru untuk mendeskripsikan pengertian
isotop, isobar dan isoton dengan benar.
7.
Latihan soal untuk menuliskan konfigurasi elektron golongan utama dengan benar
8.
Latihan soal untuk menuliskan konfigurasi elektron golongan transisi dengan benar
9.
Latihan soal untuk
menjelaskan pengertian elektron valensi sesuai
konfigurasinya
C.
Kegiatan akhir
1. Diskusi dengan bimbingan guru untuk membuat kesimpulan (kreatif)
2. Penugasan/Post
test (tanggung jawab, kerja keras, kreatif)
V.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1. Buku kimia 1 SMK
(Armico, Bandung)
2. Internet
3. Tabel sistem
periodik
VI.
Penilaian
A.
Jenis penilaian : Tes tulis dan penilaian proses (penilaian
kepribadian)
B.
Bentuk tes : Pilihan Ganda dan Essay
C.
Butir soal :
1. Model atom roti
kismis dikemukakan oleh …
a. Dalton d. Maxwell
b. Thomson e. Niels Bohr
c. Rutherford
2. Partikel dasar
penyusun inti atom adalah …
a. Elektron dan
neutron d. proton dan neutron
b. Elektron dan
proton e. hanya proton
c. Elektron, proton
dan neutron
3. Atom 1H
tidak mengandung …
a. proton d.
inti atom
b. elektron e. kulit
elektron
c. neutron
4. Dari lambang 20Ne
dapat disimpulkan bahwa Ne mengandung …
a. 10 neutron, 10
proton d. 20
neutron, 10 proton, 10 elektron
b. 20 neutron, 10
proton e.
20 neutron, 20 proton
c. 10 neutron, 20
proton
5. Nomor massa
menyatakan banyaknya …
a. Proton dan
elektron d. proton,
elektron, neutron
b. Proton dan
neutron e. hanya proton
c. Elektron dan
neutron
6. Kalsium mempunyai
nomor atom 20. Susunan elektron pada kulit K,L,M dan N adalah …
a. 2,8,10,0 d. 2,8,6,4
b. 2,8,9,1 e.
2,8,2,6
c. 2,8,8,2
7. Berikut ini
adalah lambang unsur-unsur dengan nomor atomnya. Atom yang mempunyai 6 elektron
valensi adalah …
a. 8O d. 14Si
b. 12Mg e. 6C
c. 13Al
8. Jika kita
mempunyai unsur-unsur :
82A 83B 84C 82D
Yang merupakan isotop adalah …
a. A dan B d.
B dan D
b. A dan C e.
C dan D
c. A dan D
9. Partikel apa
sajakah yang menyusun atom itu, dan apa perbedaan dari partikel-partikel
tersebut?
10. Tentukan jumlah
proton, elektron dan neutron dari Fe dengan Z=26 dan A=56!
11. Tuliskan
konfigurasi elektron dari unsur-unsur berikut, dan tentukan pula jumlah
elektron valensinya!
a. P dengan Z=20
b. Q dengan Z=31
12. Jelaskan kembali
teori atom yang dikemukakan oleh :
a. Dalton
b. Thomson
D.
Kunci Jawaban
1.
B
2.
D
3.
C
4.
A
5.
B
6.
C
7.
A
8.
C
9.
Proton, elektron dan neutron
Perbedaannya proton bermuatan positif, neutron
tidak bermuatan dan elektron bermuatan negatif. Proton dan neutron terletak di
dalam inti, sementara elektron beredar mengelilingi inti atom.
10. Proton = 26;
elektron = 26; neutron = 30
11. a. 20P = 2,8,8,2 elektron valensi = 2
b. 31Q = 2,8,18,3 elektron valensi = 3
12. a. Dalton; atom merupakan benda bulat pejal yang
tidak dapat dibagi-bagi lagi
b. Thomson; atom
merupakan bola bulat bermuatan positif dan didalamnya terdapat elektron yang
bermuatan negatif
E.
Sistem Penilaian
-
Skor penilaian maksimal 100 dengan perincian sebagai berikut :
soal nomor 1- 8 = masing-masing 5
soal nomor 9 =
10
soal nomor 10 =
10
soal nomor 11 =
20
soal nomor 12 =
20
-
Skor penilaian kepribadian menggunakan huruf mutu dengan perincian
sebagai berikut :
(A=sangat baik; B=baik; C=cukup baik; D=kurang
baik; E=sangat kurang)
Mengetahui :
Kepala Sekolah
|
Cianjur, 5 Juli 2012
Guru Mata Pelajaran
Ira Akhira Dewi,
S.Pd
|
No comments:
Post a Comment